Assessment Center

Assessment Center

Assessment center merupakan metode dalam pengembangan sumber daya manusia baik pada lingkungan pemerintahan maupun swasta. Metode Assessment center juga dapat di definisikan sebagai sebuah metode berbasis kompetensi yang diartikan sebagai sebuah konsep untuk dapat mengukur kemampuan, keterampilan dan pengetahuan. Pengukuran kemampuan, keterampilan dan pengetahuan dalam metode assessment center didukung beberapa instrument yang dapat menggali profil kompetensi yang dibutuhkan dalam perkembangan karir maupun langkah yang dapat diambil perusahaan dalam meningkatkan potensi sumber daya yang dimiliki. Karakteristik assessment center secara umum dapat dilihat dari berbagai hal sebagai berikut :

  • Assessment center menggunakan simulasi yang mencerminkan tingkah laku asesi (peserta asesmen) yang menjadi prasyarat jabatan yang akan didudukingnya.
  • Beberapa prosedur wajib dilakukan oleh asesor untuk mencatat hasil pengamatan secara spesifik yang nantinya akan dibuat ke dalam laporan atau catatan hasil pengamatan.
  • Hasil akhir assessment akan dilihat dari hasil simulasi yang telah dilakukan asesi dan diamati oleh asesor.
  • Evaluasi asesi akan dinilai oleh asesor sesuai dengan criteria maupun standar yang ada bukan dibandingkan satu sama lain.

Sedangkan karakteristik assessment center PTC dapat disingkat FAIR (memiliki prinsip berlaku sama kepada setiap partisipan) atau bisa dijabarkan sebagai berikut:

  • Flexible : Assessment Center PTC dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan client
  • Accountable : Dapat dipertanggungjawabkan
  • Independent : Tidak dapat dipengaruhi
  • Reliable : Hasil dari assessment center dapat diandalkan

Manfaat Assessment Center PTC

Assessment center berguna untuk membuat analisis beban kerja maupun analisis jabatan yang terletak pada pra-assessment sebagai panduan untuk mengetahui kebutuhan maupun persyaratan dalam menduduki jabatan tersebut. Selain itu assessment center bermanfaat sebagai peta konsep kompetensi dan kekuatan sumber daya yang dimiliki, agar dapat mengetahui pola pelatihan sumber daya yang dimiliki agar mencapai KPI team maupun kelompok.  Sebagaimana yang telah dijelaskan terkait analisis jabatan ataupun sering disebut dengan promosi, assessment center dapat mengidentifikasi kompetensi maupun perilaku yang dibutuhkan pada level jabatan yang lebih tinggi atau jabatan yang ingin dituju.

Proses Assessment Center

Proses assessment center terbagi menjadi tiga yaitu; Pre-Assessment, Assessment Day, dan Report & Evaluating. Pre-Assessment terdiri dari penetapan jabatan, perancangan simulasi wawancara, test, dan beberapa pedoman lainnya. Sedangkan Assessment Day dimana para asesi menjalankan semua proses yang telah ditetapkan di dalam Pre-Assessment, dan Report Evaluating berisi tentang hasil akhir pelaksanaan assessment yang berisi tentang laporan asesor dalam menganalisis dan menilai asesi.