Tentang CSR

Sebagai bagian dari tanggung jawab Perusahaan kepada masyarakat di sekitar wilayah operasi, kami menyelenggarakan program Corporate Social Responsibility (CSR), untuk menciptakan hubungan yang harmonis antara Perusahaan dan masyarakat sebagai salah satu stakeholder. Konsep program CSR yang kami kembangkan berasaskan pada pembangunan berkelanjutan (sustainable development) dengan memberikan kontribusi positif pada 3P: Planet (pembangunan lingkungan), People (pembangunan sosial), dan Profit (pembangunan ekonomi). Program CSR yang diselenggarakan Perusahaan difokuskan pada 5 pilar sebagai berikut:
Sesuai dengan kompetensi inti Perusahaan yang bergerak dalam bidang pengembangan sumber daya manusia, Perusahaan memberikan porsi utama kegiatan CSR pada pendidikan, sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas masyarakat. Program-program kegiatan CSR pendidikan yang pernah diselenggarakan Perusahaan antara lain sebagai berikut:
  • Pelatihan Teknik Drilling dan Health-Safety-Environment untuk siswa SLTA. Selama tahun 2013-2014,program ini sudah diselenggarakan sebanyak 3 batch dengan peserta 100 orang
  • Program Pelatihan Mahasiswa, program ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas lulusan perguruan tinggi agar lebih siap saat memasuki dunia kerja. Terdiri dari pelatihan materi terkait dunia kerja seperti ISO 9001 dan HSSE, praktek kerja lapangan, serta partisipasi dalam kompetisi Continuous Improvement Program. Selama menjalani program ini, para siswa mendapatkan bantuan biaya pendidikan bulanan. Penyelenggaraan program ini di tahun 2013 diikuti oleh 7 orang siswa dari 4 perguruan tinggi.
  • Pelatihan HSSE Awareness di lingkungan pesantren dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Program ini diselenggarakan di tahun 2015, dengan tujuan untuk memperkenalkan konsep HSSE kepada peserta.
  • Pelatihan NLP untuk lingkup PAUDWorkshop Multimedia “BootCamp EduMovie”. Program pelatihan yang diselenggarakan pada tahun 2015 ini ditujukan bagi anak-anak muda yang berminat dalam bidang sinematografi

 

Perusahaan mengadakan kegiatan menanam pohon di beberapa masjid di bilangan Jakarta sebagai bentuk program CSR nya pada Lingkungan.
Untuk mewujudkan hubungan yang harmonis antara Perusahaan dengan masyarakat di sekitar wilayah operasi Perusahaan, Perusahaan membuat program-program CSR berbasis kemasyarakatan, yang ditujukan untuk memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah operasi Perusahaan. Program-program CSR pemberdayaan masyarakat yang pernah diselenggarakan Perusahaan adalah pelatihan dan pendampilan produksi cocomesh. Cocomesh adalah jaring sabut kelapa yang digunakan untuk penghijauan dan penanaman lahan kritis, terutama pada lahan bekas area tambang. Program ini dilaksanakan antara 2012-2014 dengan memberdayakan masyarakat di Citeureup, Depok, dan Yogyakarta. Atas keberhasilan program ini, Perusahaan mendapatkan “Indonesia Green Award 2014” untuk kategori “Inovasi Pengelolaan Limbah Terpadu”.

 

Program CSR Perusahaan dalam kegiatan CSR sosial diwujudkan dalam bentuk bantuan filantropi kepada yayasan, institusi pendidikan, LSM, atau perorangan. Beberapa program CSR pada kegiatan sosial yang pernah diselenggarakan Perusahaan antara lain sebagai berikut:
  • Bantuan jaket untuk para pengendara ojek
  • Layanan mudik
  • Santunan duka cita
  • Bantuan Bencana Alam
  • Peringatan hari besar
Program CSR Perusahaan dalam kegiatan CSR keagamaan diwujudkan dalam bentuk bantuan pembangunan rumah ibadah, bantuan Paket Ramadhan, bantuan Idul Qurban, dan Buka Bersama Anak Yatim yang diselenggarakan oleh PT Pertamina (Persero).