Manajemen Resiko

Kebijakan Manajemen Resiko

PT Pertamina Training & Consulting sebagai Anak Perusahaan PT Pertamina (Persero) yang bergerak dalam bisnis penunjang (non core business), menyadari bahwa bidang usaha yang kami jalankan mengandung risiko yang harus dikelola secara komprehensif, efektif dan efisien untuk memberikan assurance terkait keberlangsungan bisnis, profitabilitas dan pertumbuhan usaha yang sejalan dengan visi, misi, serta strategi perusahaan.

Penerapan manajemen risiko menjadi tanggung jawab Direksi, Jajaran Manajemen dan seluruh Pekerja PT Pertamina Training & Consulting. Kesadaran akan risiko (risk awareness) akan terus ditanamkan di setiap jenjang organisasi dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari budaya perusahaan.

PT Pertamina Training & Consulting menerapkan konsep three lines of defenses dalam pengelolaan risiko, dimana pengelolaan risiko dilakukan oleh semua lini organisasi, dan dilakukan pengawasan (oversight) oleh Dewan Komisaris dan Direksi. Sebagai risk owner, seluruh unit bisnis dan unit pendukung berfungsi sebagai First Line of Defense yang mengelola risiko terkait unit kerjanya. Sementara itu, Satuan Kerja Manajemen Risiko dan Satuan Kerja Kepatuhan berfungsi sebagai Second Line of Defence yang memantau penerapan kebijakan dan memberikan panduan dalam pengelolaan risiko. Sedangkan Divisi Internal Audit sebagai Third Line of Defense bertugas memberikan independent assurance terhadap penerapan manajemen risiko di PT Pertamina Training & Consulting. Oleh karena itu, Direksi, Jajaran Manajemen dan seluruh Pekerja PT Pertamina Training & Consulting berkomitmen untuk:

  • Menerapkan manajemen risiko secara komprehensif, efektif dan efisien untuk mencapai tujuan perusahaan; 
  • Mempertimbangkan risiko pada setiap perencanaan bisnis dan pada setiap pengambilan keputusan manajemen dengan menentukan tingkat toleransi risiko; 
  • Menyediakan dan mengalokasikan sumberdaya yang cukup untuk mengoptimalkan penerapan three lines of defense, termasuk dalam peningkatan kompetensi seluruh Pekerja dalam bidang pengelolaan risiko; 
  • Menanamkan kesadaran akan risiko di setiap jenjang organisasi sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Budaya Perusahaan.

Dokumen Pokok-Pokok Kebijakan Management Risiko PTC