CSR

Laporan CSR

BIDANG PENDIDIKAN
PROGRAM PENDIDIKAN MAHASISWA PTC


LATAR BELAKANG
Sejalan dengan VISI PTC yaitu :
“ Menjadi Perusahaan yang unggul dan inovatif dalam pengembangan sumber daya manusia dan menjadi pusat pengembangan kompetensi bidang migas yang terpandang di Indonesia”
Maka dalam upaya untuk memenuhi tanggung jawab sosial terhadap komunitas di lingkungan PTC terutama di lingkungan Komunitas Pendidikan dan ikut secara aktif berperan serta dalam pengembangan sumber daya manusia sesuai VISI di atas, kami dari tim Quality Manajemen bermaksud untuk mengajukan sebuah program CSR yang berorientasi pada pengembangan sumber daya manusia.

Program bantuan pendidikan merupakan salah satu fokus kegiatan CSR PTC. Bantuan pendidikan yang diberikan PTC ini merupakan bentuk keterlibatan Perusahaan untuk memberikan solusi terhadap beragam masalah yang ada di masyarakat khususnya dunia pendidikan. Sebagai sebuah perusahaan yang concern di bidang pendidikan (Training, Consulting dan Man Power Development) sudah selayaknya PTC memberikan perhatian lebih di dunia pendidikan dalam upaya meningkatkan kwalitas pendidikan di Indonesia.

Masukan dari berbagai sumber informasi menunjukkan bahwa pendidikan yang diperoleh di sekolah atau universitas belum cukup kuat untuk membuat seorang lulusan dapat beradaptasi dengan baik di lingkungan kerjanya. Hal ini disebabkan karena ada beberapa materi penting di dunia kerja yang justru tidak diajarkan di sekolah, seperti tentang ISO, Health Safety and Environment, Etika Kerja, teknologi terapan, peraturan terkait kerja atau hal - hal non teknis seperti administrasi perkantoran, pergaulan lingkungan kerja dll

REALISASI
Realisasi CSR pendidikan 2012 ptc dilaksanakan dalam bentuk :

  1. Training : Untuk meningkatkan pengetahuan siswa pada isu internasional saat ini.
    Materi Training : ISO9001:2008, ISO18000, Health Safety and Environment (Awareness, Pemadam Kebakaran, Evakuasi dll)
  2. Praktek : Meningkatkan ketrampilan siswa dalam kerja lapangan.
    Materi Praktek : Instalasi jaringan komputer, Pemrograman website, Reparasi komputer dll
  3. Bantuan Biaya Pendidikan : Selama training berlangsung para siswa mendapatkan bantuan biaya pendidikan bulanan.
  4. Partisipasi dalam Kompetisi : Siswa diijinkan untuk teribat dalam kompetisi CIP (Continuous Improvement Program)

beberapa siswa yang telah mendapatkan bidang pendidikan tsb antara lain :

NO
SEKOLAH
JUMLAH SISWA
1
Universitas Ibn Khaldun
2 orang
2
Universitas Islam Negri
2 orang
3
Universitas Indonesia  
1 orang
   

 

 

 

 

HASIL KEGIATAN
Kegiatan training siswa ini menghasilkan beberapa nilai positif bagi perkembangan kemampuan siswa itu sendiri dan bahkan membawa dampak positif juga bagi PTC, di antaranya adalah :

  1. Perbaikan performance jaringan data di PTC
  2. Implementasi back up sistem jaringan data (NAS server)
  3. 2 dari 4 tema Continuous Improvement Program yang dikompetisikan di PT Pertamina Pelumas pada bulan November 2012 lalu memperoleh predikat gold sedangkan 2 lainnya memperoleh Silver.

(reported : Bambang - CSR Div Sekper PTC 2012)