PTC Kobarkan Semangat 11 Ribu Putra Putri Indonesia dalam Asian Games 2018

JAKARTA – Asian Games 2018 dikenal sebagai Pesta Olahraga Asia yang bergengsi, acara olahraga multi-event regional Asia yang akan diselenggarakan di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus – 2 September 2018 mendatang. Dua kota besar di Indonesia yaitu Jakarta dan Palembang berkesempatan menjadi tuan rumah perhelatan akbar olahraga tersebut digelar. Hal ini menjadikan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games yang kedua kalinya setelah Asian Games ke-IV tahun 1962. Asian Games 2018 kali ini tercatat 45 negara yang ikut berpartisipasi untuk berkompetisi dalam 42 cabang olahraga berbeda.
Pada kesempatan terbaik inilah PT Pertamina Training & Consulting mendapatkan tanggung jawab untuk berkontribusi langsung dalam perhelatan Asian Games 2018. Berkerjasama dengan INASGOC (Indonesia Asian Games Committe), PT Pertamina Training & Consulting didaulat sebagai penyedia dan penyalur tenaga volunteer profesional guna mendukung kegiatan Asian Games 2018. Penandatangan kontrak kerjasama atau MoU dengan pihak INASGOC pun digelar diruang meeting lantai 11 gedung Kantor Pusat INASGOC yang dihadiri langsung oleh Direktur Utama beserta manajemen PT Pertamina Training & Consulting.
Dengan berbagai macam pengalaman dalam bidang pelatihan dan jasa konsultasi, PT Pertamina Training & Consulting dipercaya INASGOC sebagai penyelenggara pelatihan dan proses seleksi volunteer-volunteer profesional, terhitung lebih dari 10 ribu orang telah mendaftar sebagai volunteer. Mereka datang dari berbagai wilayah di seluruh Nusantara, dari berbagai macam latar belakang pendidikan dan budaya, yang semuanya memiliki satu tujuan yaitu ingin ikut menyukseskan serta merasakan euphoria pesta olahraga paling bergengsi di Asia.
Anya salah satunya, mahasiswi semester 6 Sastra Korea Universitas Indonesia ini menuturkan motivasi nya turut serta mendaftar sebagai volunter dan mengikuti seleksi adalah karena kecintaan nya pada dunia olahraga sekaligus juga ingin mencari pengalaman. “Seneng banget ya bisa lolos seleksi dan jadi volunteer, saya sih berharap bisa banyak berkontribusi dan juga semoga atlet-atlet Indonesia yang bertanding dapat banyak medali emas”, ujarnya.
Proses pembekalan training dilaksanakan di dua tempat berbeda, seremonial pembukaan pelatihan volunteer dilaksanakan di Universitas Pertamina dan pada agenda pelatihan berikutnya dilaksanakan di ruang kelas Universitas Muhammadiyah Jakarta. Kurang lebih ada sekitar 52 ruang kelas yang disediakan oleh pihak universitas dengan kapasitas 30 orang per kelas. PT Pertamina Training & Consulting  juga berkerjasama dengan Suku Dinas Pariwisata DKI Jakarta dalam memberikan materi dan fasilitator untuk volunteer.
Dalam materi yang sudah dipaparkan Suku Dinas Pariwisata DKI Jakarta terdiri dari empat komponen pelatihan utama yang wajib dipahami oleh para volunter seperti, Interpersonal Skill, Etiket, Communication Skill dan Pengetahuan Pariwisata Budaya DKI Jakarta. Pelatihan ini berlangsung selama satu minggu yang terhitung mulai tanggal 25 s/d 31 Mei 2018. Setelah melalui proses seleksi dan pemebekalan materi pelatihan para volunter diberikan sertifikat dan siap untuk ditugaskan dalam Asian Games 2018.