MELATIH KESIGAPAN DALAM KEADAAN DARURAT KANTOR FUNGSI HSE PTC ADAKAN PENANGGULANGAN KEADAAN DARURAT TINGKAT DASAR

 

Jakarta – Sebagai pengguna gedung perkantoran di wilayah Jakarta, merupakan satu kewajiban dasar untuk selalu waspada dalam keadaan darurat yang ditimbulkan oleh alam, teknis maupun human error. Jika suatu kantor mengalami keadaan darurat dan tidak siap menghadapi situasi tersebut, maka dapat dipastikan akan menimbulkan kerusakan, kerugian bahkan dampak yang lebih parah seperti korban jiwa. Dalam menanggulangi hal tersebut, fungsi HSE (health, safety, environment) kantor pusat PT Pertamina Training & Consulting mengadakan pelatihan penanggulangan keadaan darurat tingkat dasar untuk mengantisipasi adanya keadaan darurat yang terjadi di kantor.

 

 

Sebelumnya, fungsi HSE telah membentuk tim penanggulangan keadaan darurat (Tim PKD) yang beranggotakan para pekerja dari perwakilan Divisi yang berada di kantor pusat PT Pertamina Training & Consulting, tim keadaan darurat terbagi menjadi beberapa regu, yaitu regu pemadam, regu penyelamat dan regu evakuasi; yang kemudian tim tersebut akan bertugas secara penuh ketika keadaan darurat terjadi.

 

Diinstrukturi oleh Fredy Sony Sitanggang selaku Spv. Fire Fighter kantor Pertamina Pusat dalam teori penanggulangan keadaan darurat serta Latiful Rusdhiy WH & Triwilis dalam praktek APAR & Hidran, pelatihan keadaan darurat terbagi menjadi dua sesi, diantaranya sesi teori dan praktek. Sesi Teori diadakan pada hari Jumat (18/1) bertempat di Classroom A lantai 4 kantor pusat PT Pertamina Training & Consulting dan sesi praktek bagi regu pemadam yang dilaksanakan pada hari Sabtu (19/1) di area parkir belakang gedung A Pelita Air Service. Pelatihan ini merupakan rangkaian dari kegiatan emergency drill yang akan diadakan di kantor PTC, diharapkan dengan adanya pelatihan ini tim penanggulangan keadaan darurat memiliki kesiapan saat menghadapi keadaan darurat yang sebenarnya.