Bantu Tekan Penyebaran COVID-19, PT Pertamina Training & Consulting Membagikan APD untuk Nakes di Ring I Perusahaan.

 

Jakarta, 10 September 2020 – Wilayah DKI Jakarta menjadi potensi yang sangat rentan dalam penyebaran COVID-19, aktivitas perkantoran dan aktivitas ekonomi yang cenderung meningkat setelah diberlakukan PSBB Transisi menjadi bagian tidak terpisahkan adanya cluster baru penyebaran COVID-19. Kini, banyak rumah sakit dan puskesmas di wilayah DKI Jakarta yang menjadi rujukan penanganan kasus COVID-19.

Angka pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di wilayah DKI Jakarta yang meningkat tajam berdampak kepada banyaknya fasilitas kesehatan yang semakin berkurang dan menipis, salah satunya adalah Alat Pelindung Diri (APD) yang digunakan oleh para tenaga kesehatan dalam menangani COVID-19 di rumah sakit maupun puskesmas. Para tenaga kesehatan (nakes) diharuskan rutin mengganti APD agar tetap steril dan aman.

Keterbatasan APD yang dialami oleh rumah sakit dan puskesmas sebagai fasilitas pelayanan kesehatan utama berdampak juga kepada pelayanan maksimal para nakes untuk membantu menangani pasien COVID-19 maupun masyarakat yang mengalami sakit lainnya, terlebih kebutuhan APD sebagai pelengkap pelindung diri para nakes sangat diperlukan pada masa pandemi seperti saat ini. Ada banyak beban tugas dan risiko yang harus dihadapi oleh tenaga kesehatan di lapangan sehingga sangat rentan terhadap penularan COVID-19 karena terus melakukan kontak secara berkala dengan pasien positif maupun suspek.

 

Memiliki kantor pusat dan beroperasi di wilayah DKI Jakarta, PT Pertamina Training & Consulting turut serta dalam membantu menekan penyebaran COVID-19 kepada tenaga kesehatan di rumah sakit dan puskesmas yang berada di ring I Perusahaan. Melalui program CSR yang dilakukan, PT Pertamina Training & Consulting memberikan bantuan APD untuk tenaga kesehatan di 4 fasilitas layanan kesehatan yang melayani rujukan COVID-19 yaitu Puskesmas Petojo Selatan, Puskesmas Kecamatan Tanah Abang, RSUD Tanah Abang dan RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo pada tanggal 8 September 2020. Bantuan disalurkan dan diterima langsung oleh masing-masing penanggung jawab.

“Kami sangat berterima kasih karena kami benar-benar membutuhkan APD, stok kami sudah menipis dan susah untuk dicari terutama masker jenis N95”. Bidan Narti dari Puskesmas Kecamatan Tanah Abang memberikan apresiasi atas bantuan CSR yang diberikan oleh PT Pertamina Training & Consulting.

Program CSR ini berupaya untuk membantu penanggulangan COVID-19 di wilayah DKI Jakarta dan Ring I Perusahaan serta merupakan bentuk kepedulian terhadap tenaga kesehatan yang telah berjasa menjadi garda terdepan kesehatan masyarakat di masa pandemi COVID-19.