BUJP PTC Menggelar Workshop bertajuk “Hospitality Security Services”

Jakarta- Badan Usaha Jasa Pengamanan sebagai unit bisnis PT Pertamina Training & Consulting, dengan sukses menggelar workshop bertajuk “Pembinaan Mental Melalui Pelatihan Hospitality Security Services”.

Ini merupakan workshop pertama yang diadakan BUJP PTC dengan tema Hospitality Security Services. Workshop yang diselenggarakan setiap hari Sabtu selama kurun waktu 27 Oktober, 3 November, 10 November dan 17 November 2018 ini dihelat di meeting room Hotel Ibis Tamarin Jakarta Pusat.

Hadir sebagai narasumber sekaligus insturktur, Dicky Nurlianto Senior Supervisor Non Physical Security PT Pertamina (Persero) menerangkan ada 4 bagian utama dari workshop yang diselenggarakan. Pertama dan yang paling mendasar adalah guest service paradigm yaitu dasar dari apa itu services (pelayanan) sehingga hal ini dapat melebihi ekspektasi terhadap pelayanan yang diberikan oleh security sendiri.

Yang kedua adalah handling complaint, hal ini merupakan yang paling penting baik dari security garda depan hingga security lantai agar para security dapat meningkatkan skill mereka dalam pelayanan untuk perusahaan.

Selanjutnya yang ketiga adalah workshop mengenai grooming and personality yang memiliki tujuan sebagai tata cara berperilaku security dalam pengamanan dan pelayanan, baik dari segi penampilan maupun etika agar dapat menjadi nilai tambah bagi pelayanan perusahaan.

Yang keempat sekaligus yang terakhir adalah hospitality operation security dimana materi yang diberikan berupa telephone etiquette dan juga lebih mendalami pemahaman bisnis perusahaan yaitu PT Pertamina (Persero), baik dari proses bisnis downstream, midstream hingga upstream agar lebih memperkuat wawasan para security dalam ruang lingkup pengamanan nya khususnya di gedung PT Pertamina (Persero).

“Saya berharap teman-teman security kita dapat memahami dan menjadikan nya sebagai mindset, agar dapat di terapkan disetiap area atau setiap wilayah pengamanan yang dilakukan teman-teman security”. Ujar Dicky diakhir sesi pemaparan materi.

“Modul hospitality security services ini merupakan salah satu pionner dari teman teman PTC sendiri, suatu hal yang baru dimana saya sangat mengapresiasi dan menyarankan agar workshop ini dapat di sebarluaskan kepada seluruh rekan security” ujar nya singkat.

Hadir juga dalam kegiatan workshop Hospitality Security Services, Manajer BUJP, Rusmanan didampingi Assistant Manager Administrasi & Operasi Ambri Firdaus yang sedari awal sengat terkesan dengan antusiasme peserta workshop itu sendiri.

Workshop dihadiri 25 orang perwakilan security dan perwakilan pekerja frontliner dari rekan rekan security yang bertugas di gedung kantor Pusat PT Pertamina (Persero). Rusmanan mengungkapkan “Personel kita itu ada 4000 orang lebih ya, hal ini akan sangat berdampak baik sekali bila teman teman security kita dapat meningkatkan skill mereka melalui kegiatan workshop seperti ini”.

Salah seorang peserta, Devita, yang bekerja sebagai frontliner mengungkapkan antusiasme nya dalam workshop ini “Senang sekali ya mas dan saya berharap banget acara seperti ini dijadikan sebagai agenda rutin tahunan dan menjadi program PTC”, ujarnya. Hal senada juga di ungkapkan Rahmat Adi peserta yang bertugas sebagai personil security yang dari awal sangat berkesan dengan acara ini, “ya senang soalnya kita bisa meningkatkan skill dan wawasan kita juga”, ujar nya singkat. (ted)