CSR Bidang Pendidikan

Sebagai komitmen perusahaan di bidang pendidikan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, CSR Pertamina bidang pendidikan melaksanakan sejumlah program antara lain meliputi :

Inkubasi Finalis OSN Pertamina 2015

Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina merupakan ajang kompetisi ilmiah bagi para mahasiswa di seluruh Indonesia dan menjadi wadah generasi muda untuk mengekspresikan diri, menampilkan karya cipta, serta mengukir prestasi.

Kompetisi ini telah berlangsung setiap tahun dan diselenggarakan berturut-turut sejak tahun 2008.  Melalui kompetisi OSN ini telah lahir ribuan hasil riset berbasis teknologi di berbagai macam bidang ilmu sains kreasi dari para mahasiswa.

PTC berupaya untuk terus mendorong pengembangan hasil – hasil riset tersebut hingga tidak hanya berhenti sampai tahap kompetisi saja tetapi bisa berlanjut menjadi teknologi terapan di masyarakat.

PTC sebagai sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Human Capital dengan fokus pada pembinaan kompetensi SDM, berupaya untuk berperan serta dalam mengembangkan kompetensi para inovator muda hasil kompetensi OSN Pertamina tersebut.   Wujud dari peran aktif PTC tersebut adalah melalui program CSR “Inkubasi Finalis OSN Pertamina 2015 dengan tema Energi Baru Terbarukan”.

Tujuan dari kegiatan “Inkubasi Finalis Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2015” ini adalah untuk :

  • Meningkatkan kompetensi para finalis OSN Pertamina 2015 dalam mengelola sebuah hasil riset untuk bisa menjadi teknologi terapan.
  • Menjalin kerjasama antar peneliti professional dan para mahasiswa dalam upaya sharing knowledge antar praktisi teknologi dan para akademisi.
  • Mensosialisasikan hasil OSN Pertamina 2015 kepada masyarakat sebagai pembelajaran.

Berikut ini adalah 3 (tiga) finalis OSN Pertamina 2015 yang terlibat dalam Program CSR Inkubasi Finalis OSN Pertamina 2015

  • Pemanfaatan fotosintesis Microalga untuk menghasilkan listrik – Universitas Surabaya
  • Pemanfaatan limbah kelapa sawit untuk menghasilkan Bioethanol sebagai bahan bakar alternative non fosil – Universitas Brawijaya
  • Penguraian Limbah produksi tahu untuk menghasilkan listrik dengan proses biologi – Universitas Negeri Yogyakarta

Hasil dari pelaksanaan program CSR Inkubasi Finalis OSN Pertamina 2015 adalah PTC mampu memberikan upskilling kepada para finalis OSN Pertamina 2015 melalui program inkubasi dan PTC mampu mempublikasikan program tersebut melalui Pertamina Science Fair 2016.

Gallery

(Klik untuk memperbesar gambar)

Pelatihan Online Marketing Untuk UKM

Sektor usaha kecil menengah (UKM) memegang peranan penting dalam perekonomian negara. Sektor UKM memiliki pasar yang luas dan mampu menyerap banyak tenaga kerja.

Masalah yang muncul pada pertumbuhan UKM adalah :

  • Pemodalan
  • Pemasaran
  • Ketrampilan Teknis dan Administrasi

Pemasaran adalah masalah terpenting dan seringkali menjadi root cause tumbangnya  UKM. Pemodalan dan Ketrampilan Teknis / Administrasi merupakan permasalahan tetapi sudah sering mendapatkan perhatian dari berbagai pihak, baik melalui program formal pemerintah maupun CSR dari berbagai perusahaan.

Sebagai sebuah perusahaan yang bergerak di bidang human capital, PTC mempunyai kewajiban untuk meningkatkan kompetensi pelaku UKM yang tersebar di sekitar kantor atau wilayah operasional PTC terutama UKM binaan Pertamina group.

Rencana jangka panjang PTC untuk bergerak di bidang jasa Information System Solution juga selaras dengan kegiatan CSR “pelatihan digital marketing” ini, sehingga kegiatan ini adalah sekaligus merupakan promosi bisnis baru PTC di bidang Information System Solution untuk menumbuhkan bisnis ini di masa depan.

Tujuan dari pelaksanaan program CSR Pelatihan Online Marketing Untuk UKM adalah Memberikan pengetahuan tentang pentingnya menerapkan digital marketing di dalam proses penjualan sehingga peserta pelatihan akan kemampuan untuk memperluas pasar dan mempertahankan pasar yang ada melalui dengan lebih murah efektif dan efisien.

Hasil dari pelaksanaan program CSR ini adalah PTC mampu memberikan pelatihan online marketing kepada lebih dari 200 orang yang tergolong ke dalam kelompok UKM dan masyarakat umum.

Gallery

(Klik gambar untuk memperbesar)

Pembinaan PAUD Al Istiqomah

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah penting, karena akan menentukan kualitas SDM di masa depan. Investasi pada PAUD (usia di bawah 7 tahun) memberikan pengembalian hasil yang paling tinggi dibandingkan kelompok umur lainnya.  Hal ini disebabkan karena masa pembentukan otak manusia terjadi paling cepat pada usia di bawah 7 tahun dengan biaya yang paling murah dibandingkan dengan kelompok umur lainnya.

Mengingat pentingnya pembinaan anak usia dini tersebut, maka PTC sebagai sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Pengembangan SDM melalui kegiatan CSR “Pembinaan PAUD” memberikan bantuan berupa kelengkapan fasilitas pembelajaran.

Tujuan Pelaksanaan program CSR Pembinaan PAUD Al – Istiqomah :

  • Memberikan fasilitas pembelajaran sesuai standard yang ditetapkan Dinas Pendidikan untuk meningkatkan kompetensi anak didik.
  • Meningkatkan kompetensi guru untuk menunjang efektivitas proses pembelajaran

Hasil dari pelaksanaan Program yaitu PT Pertamina Training & Consulting berhasil memberikan bantuan fisik PAUD.

Gallery

(Klik gambar untuk memperbesar)