Dicari : Pemimpin Kreatif

06-leadership

Perubahan merupakan sebuah hal yang tidak dapat dielakkan. Dunia senantiasa berubah, baik dari sisi alam, bisnis, maupun kehidupan manusia itu sendiri, dan perubahan tersebut bisa membawa berbagai permasalahan. Jika kita tidak bersiap menghadapi perubahan tersebut, kita bisa tersisihkan dari lingkungan, atau bahkan hancur tergilas arus perubahan tersebut.

Apa yang bisa kita lakukan untuk menghadapi perubahan tersebut? Kita membutuhkan “Pemimpin Kreatif”, yaitu orang-orang yang mampu memimpin serta memiliki daya kreativitas untuk menghasilkan ide-ide kreatif sebagai solusi dalam menghadapi perubahan dan membawa kita ke arah yang lebih baik. Seorang pemimpin kreatif diharapkan mampu mengatasi dan memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan yang timbul akibat perubahan. Bukan tidak mungkin, seorang pemimpin kreatif justru mempelopori terjadinya proses perubahan untuk menghasilkan tingkat kehidupan yang lebih baik.

Ada 2 kemampuan dasar yang harus dikuasai pemimpin kreatif, yaitu “kreativitas” (creativity) dan “kepemimpinan” (leadership). Seorang pemimpin kreatif dituntut untuk memiliki “kecerdasan kreatif” (creative intelligence), yaitu kemampuan untuk memunculkan ide-ide baru, mencari solusi, serta untuk meningkatkan imajinasi. Seseorang yang memiliki kecerdasan kreatif biasanya mudah dikenali dari perilakunya yang berani berpikir “out-of-the-box”. Tak hanya melontarkan ide, seseorang yang kreatif umumnya juga mampu mewujudkan ide-ide tersebut menjadi nyata. Setiap orang memiliki potensi kreatif dalam dirinya, sehingga kreativitas merupakan hal yang bisa dipelajari dan akan terus berkembang jika diasah secara terus menerus.

Dengan memadukan kemampuan kepemimpinan dan kreativitas, akan terbentuk pemimpin kreatif yang memiliki kemampuan untuk mengarahkan daya kreasi untuk mewujudkan sebuah gagasan menjadi nyata. Para pemimpin kreatif ini memiliki visi masa depan yang lebih baik, serta mengetahui cara dan memiliki kemampuan mewujudkan visi tersebut menjadi nyata. Seorang pemimpin yang memiliki kreativitas tinggi akan memiliki banyak keunggulan, antara lain memiliki daya tahan yang lebih baik untuk menghadapi berbagai perubahan, lebih percaya diri, serta memiliki kemampuan berpikir strategis yang lebih baik. Namun demikian, kreativitas pemimpin kreatif juga harus diimbangi dengan kebijakan yang matang, agar para pemimpin kreatif dapat fokus pada proses mewujudkan visi, dan hasilnya dapat bermanfaat bagi semua pihak.

(Arini Tathagati, S.T., M.T.)

 Kata kunci : pemimpin kreatif, kepemimpinan, strategis, kreativitas, pemimpin, kecerdasan kreatif, solusi kreatif, solutif