Dorong Kesembuhan Bagi Pasien Covid-19, PTC Distribusikan Ventilator Ke Berbagai Rumah Sakit Rujukan Covid Di Indonesia

image credits : by teksomolika www.freepik.com

Jakarta – Angka pasien positif COVID-19 di Indonesia terus bertambah setiap harinya hingga mencapai ± 4000 kasus baru. Tentu saja hal ini menjadi fokus bagi seluruh lapisan dimulai dari pemerintah hingga masyarakat untuk secara aktif memerangi wabah COVID-19 dan selalu disiplin terhadap protokol kesehatan. COVID-19 merupakan virus yang memicu gejala gangguan pernapasan akut dan di beberapa kasus tidak nampak gejala apapun. Fasilitas kesehatan di berbagai rumah sakit rujukan COVID-19 seluruh Indonesia juga harus siap dengan kondisi seperti ini, namun dengan terus bertambahnya angka pasien positif terkonfirmasi COVID-19, tentunya akan mengurangi kapasitas fasilitas yang tersedia.

Hal yang menjadi perhatian khusus adalah pasien dengan gejala yang mirip dengan gejala pneumonia atau sesak napas, COVID-19 yang menyerang sistem pernapasan tentu saja akan berdampak fatal bagi pasien yang memiliki kondisi sesak napas. Penanganan pasien tersebut harus dengan alat bantu khusus berupa ventilator, mesin yang mengatur pola respirasi pasien seperti fungsi paru-paru pada umumnya. Ventilator digunakan untuk membantu pernapasan pada pasien COVID-19 yang kondisi pernapasannya lemah atau mengalami gangguan pernapasan akut.

Seiring angka pasien COVID-19 di Indonesia yang terus bertambah, akan sangat memungkinkan kebutuhan terkait ventilator juga meningkat. Kebutuhan ini menjadi alasan utama PT Pertamina Training & Consulting mendistribusikan ventilator ke 11 rumah sakit rujukan COVID-19 di berbagai daerah di Indonesia melalui program CSR Pertamina Peduli. Sebanyak 11 unit ventilator dikirimkan ke masing-masing rumah sakit rujukan rentang bulan September hingga Oktober 2020. Pemberian bantuan ventilator kepada rumah sakit rujukan bertujuan untuk meningkatkan angka kesembuhan bagi pasien COVID-19 dengan gejala pernapasan akut.

Dalam kesempatan serah terima yang telah dilaksanakan pada 15 Oktober 2020 secara virtual dengan RSUP Ario Wirawan Salatiga, Sonny Heriawan selaku Corporate Secretary PT Pertamina Training & Consulting memberikan apresiasi yang tinggi kepada tenaga kesehatan di Indonesia yang berjuang hingga saat ini untuk kesehatan dan kesembuhan para pasien COVID-19 “kami mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya dan menyampaikan rasa terima kasih atas jasa para tenaga kesehatan semoga tenaga kesehatan di Indonesia selalu diberikan kesehatan serta kekuatan dalam menghadapi pandemi ini” ungkapnya.

Selama pandemi, PT Pertamina Training & Consulting secara aktif terlibat dalam bantuan penanganan COVID-19 baik di ring I Perusahaan hingga ke seluruh Indonesia dengan memberikan bantuan berupa sembako kepada masyarakat yang terdampak, pemberian APD (alat pelindung diri), alat-alat kesehatan, hingga bantuan pelayanan COVID-19 seperti robot service dan ventilator. Penanggulangan COVID-19 menjadi fokus Pertamina Group untuk membantu mengurangi dampak COVID-19 di Indonesia.