Give Blood Give Life, Donor Darah Selamatkan Jiwa

JAKARTA – Dalam rangkaian acara Hari Ulang Tahun PT Pertamina Training & Consulting ke-16, donor darah menjadi salah satu kegiatan yang dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian sosial untuk memenuhi kebutuhan dan kecukupan kantong darah di Indonesia guna membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan transfusi darah. Kegiatan ini diinisiasi oleh para pekerja PT Pertamina Training & Consulting untuk mendonorkan darahnya.

Kegiatan donor darah ini dilaksanakan pada 2 Maret 2018 bertempat di Classroom A&B lantai 4 PT Pertamina Training & Consulting yang mengundang beberapa rekanan perusahaan yang lain di lingkungan Pertamina Abdul Muis seperti Pertamina Aviation, Pertamina Contact Center, Pelita Air dan Universitas Brawijaya. Jumlah peserta donor darah mencapai ± 100 pendonor. Sebelumnya, PT Pertamina Training & Consulting sudah beberapa kali tergabung dalam kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh Pertamina, dan sejak perpindahannya dari lokasi Simprug ke Abdul Muis, kegiatan donor darah ini adalah kali pertama yang diinisiasi oleh perusahaan bekerjasama dengan PMI Kramat Raya.

Dengan mendonorkan darah, akan ada banyak keuntungan yang didapatkan diantaranya adalah menjaga kesehatan jantung, membantu memperlancar aliran darah hingga mencegah penyumbatan arteri, serta rutin mendonorkan darah juga dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Hal yang paling terpenting dalam donor darah adalah dapat menyelamatkan 3 kehidupan dalam 1 kantong darah. Darah yang telah di donorkan dapat diberikan kepada pasien darurat medis yang membutuhkan transfusi darah secepatnya, seperti korban kecelakaan, pasien operasi besar, thallasemia / kelainan darah dan kondisi-kondisi medis tertentu. Harapan dari kegiatan ini adalah menjadikan kegiatan donor darah sebagai kegiatan rutin dan membuat semakin peka dan peduli terhadap sesama akan pentingnya tolong menolong antar sesama manusia.