How To Do Public Speaking

12-publik-speaking

Salah bicara, lupa naskah, takut tidak dimengerti, atau bahkan takut ditertawakan, merupakan beberapa hal yang terkadang menjadi momok saat kita berbicara di depan umum. Bagaimana cara mencegah atau mengatasi hal-hal yang memalukan saat kita melakukan public speaking? Mari kita ikuti beberapa tips berikut ini.

Kunci agar kita tidak melakukan hal-hal yang memalukan saat berbicara di depan umum adalah persiapan yang matang. Hal pertama yang sebaiknya Anda persiapkan adalah penampilan Anda. Perhatikan busana, penataan rambut, dan penampilan wajah Anda. Kenakan busana yang nyaman dan sesuai dengan event di mana Anda harus berbicara di depan umum. Wajah dan rambut ditata serapi mungkin. Semakin baik penampilan Anda, Anda akan memberikan impresi bahwa Anda profesional, serta memberikan rasa percaya diri untuk melakukan public speaking.

Kemudian kenali siapa audience Anda. Dengan mengenal siapa audience Anda, Anda dapat menyusun naskah pidato dengan menyesuaikan apa yang dipahami dan diinginkan audience. Jangan lupa untuk selalu menatap mata audience saat berbicara, agar Anda terlihat lebih percaya diri, dan audience merasa Anda berkomunikasi dan menyampaikan sesuatu kepada mereka.

Selanjutnya, untuk memperlancar kemampuan Anda berbicara, sering-seringlah berlatih berbicara di depan publik. Anda bisa mulai dengan membaca teks di depan cermin, atau berpidato di depan anggota keluarga Anda. Semakin sering Anda berlatih, semakin kemampuan berbicara Anda terasah. Namun demikian, jangan takut apabila Anda melakukan kesalahan. Kesalahan adalah sesuatu yang manusiawi, sehingga berikan yang terbaik yang bisa Anda berikan.

Tips penting yang bisa Anda lakukan agar teknik public speaking Anda meningkat adalah memperhatikan gaya orang yang menurut Anda memiliki kemampuan berbicara di depan publik yang prima. Catat gaya public speaking mereka, dan gunakan sebagai contoh yang baik saat Anda berlatih. Visualisasikan bahwa Anda hebat dan Anda mampu berbicara di depan publik. Biasanya dengan teknik ini, lama kelamaan Anda akan tersugesti untuk lebih percaya diri, sehingga kemampuan Anda berbicara di depan publik pun akan semakin baik.

(Arini Tathagati, S.T., M.T.)

 Kata kunci : public speaking, model komunikasi, percaya diri, teknik komunikasi