Kepedulian PT Pertamina Training & Consulting Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Program Corporate Social Responsibility

SURAKARTA –Setiap anak-anak yang lahir ke dunia adalah anugerah dari Tuhan, memiliki anak yang cerdas, tumbuh dan berkembang baik adalah dambaan bagi para orang tua. Namun, tidak sedikit anak yang terlahir memiliki ketidaksempurnaan fisik maupun mental, hal ini membuat orang tua harus memiliki peran ekstra untuk mengasuh dan menjaga anak berkebutuhan khusus. Dari kasus ini, banyak orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus belum mengerti bagaimana cara manajemen perilaku dan pola mengasuh anak mereka secara mandiri.

Surakarta merupakan kota percontohan bagi pengembangan inklusi (pendidikan anak berkebutuhan khusus) yang ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI pada tahun 2013 serta menjadi kota terlengkap dalam penyelenggarakan program pendidikan Sekolah Luar Biasa (SLB) di Indonesia. Dengan dasar tersebut, melalui program Corporate Social Responsibility, PT Pertamina Training and Consulting mengadakan kegiatan pemberdayaan masyarakat bagi orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus melalui workshop dengan tema “Pola Asuh Orang Tua dan Manajemen Perilaku Anak Berkebuthan Khusus”.

Workshop ini dilaksanakan di Megaland Hotel Surakarta pada tanggal 11 Maret 2017 yang bekerjasama dengan Lembaga Pelatihan Ilmu Terapan (LPIT) Peha Surakarta. Tidak hanya melibatkan para orang tua saja, namun ada juga para guru, mahasiswa, hingga akademisi turut hadir dalam workshop yang diadakan oleh PT Pertamina Training and Consulting. Dengan narasumber Dra. Dian Kristyawati, M.Si. Psikolog dan Tri Budi Santoso, BSc.OT, M.OT, Ph.D, terlihat antusiasme para orangtua dan peserta yang hadir sangat tinggi untuk mengenal dan mengobservasi lebih dalam peran orang tua anak berkebutuhan khusus.

Workshop dibuka oleh AM Unggul Putranto, selaku Direktur Operasional dan Pemasaran PT Pertamina Training and Consulting dan dilanjutkan oleh pemaparan materi yang pertama oleh Dra. Dian Kristyawati, M.Si. Psikolog mengenai pola asuh dalam perkembangan anak berkebutuhan khusus. Pola asuh ini sangat penting diketahui oleh orang tua untuk memahami situasi ketika sedang merasa sendiri, sedih dan tidak tahan menjalani peran menjadi orang tua anak berkebutuhan khusus. Dalam sesi pertama workshop, diadakan observasi langsung bagi para peserta untuk mengevaluasi dan menetapkan bagaimana cara pola asuh yang benar kepada anak berkebutuhan khusus.

Acara dilanjut dengan materi pelatihan pembelajaran gerak motorik anak berkebutuhan khusus oleh Tri Budi Santoso, BSc.OT, M.OT, Ph.D., pada sesi ini diberikan pelatihan dan praktek khusus bagi orang tua dalam mengembangkan gerak motorik anak untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Kehangatan workshop semakin bertambah ketika mengalirnya sesi akhir dalam diskusi dan tanya jawab peserta terhadap materi dan pelatihan yang diberikan narasumber.

Melalui kegiatan workshop, harapan kedepan bagi Corporate Social Responsibility dari PT Pertamina Training and Consulting adalah terus berupaya memaksimalkan pengembangan sumber daya manusia yang berkompeten dan dapat memberikan dampak baik bagi kemajuan bangsa Indonesia melalui edukasi dan pelatihan berbasis mandiri yang berkelanjutan.