Pengenalan Kepribadian Pekerja PTC Melalui Workshop MBTI

JAKARTA – Setiap manusia dianugerahi karakter kepribadian yang berbeda, dan setiap karakter tersebut dapat mempengaruhi kehidupan sosial maupun pribadi. Kepribadian inilah yang membentuk sikap dan perilaku manusia dalam bersosialisasi. Di dalam sebuah perusahaan, tidak bisa dipungkiri semua pekerja terdiri dari berbagai sifat dan karakter, begitu pula dengan emosi dan cara pandang pekerja menilai sesuatu dan berpikir. Memahami sifat dan kepribadian seseorang sangat diharuskan untuk membangun sinergi dan kualitas kerja yang baik sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik bagi perusahaan.

Untuk mengenali kepribadian tersebut, ada satu penilaian psikologi yang bernama Myers-Briggs Type Indicator atau yang biasa disebut MBTI. Tes dan penilaian ini dilakukan untuk mengukur tipe kepribadian seseorang melalui beragam soal-soal kuisioner pernyataan mengenai diri yang terdiri dari 4 bagian. Dasar dari penilaian ini adalah perilaku manusia yang dapat diprediksikan, perilaku setiap manusia mempunyai pola tertentu, dan ciri pribadi yang bersifat menetap dan tercermin dari sikap dan pola perilaku yang ditampilkan oleh pribadi seseorang.

Pada 22 Februari 2017, bertempat di Ruang 5 Gedung A Lantai 5 Pelita Air Service,  PT Pertamina Training & Consulting (PTC) menyelenggarakan sebuah workshop psikologi mengenai pengenalan kepribadian para pekerja melalui penilaian MBTI. Kali ini, sebanyak 20 orang pekerja dari berbagai divisi di PTC mengikuti workshop MBTI, dan acara workshop dibuka oleh A.M Unggul Putranto selaku Direktur Operasi dan Pemasaran PTC.

Ada beragam manfaat dari penilaian MBTI bagi pekerja, diantaranya adalah dapat mengenali diri sendiri lebih mendalam, lebih memahami dan menghargai orang lain, memperkaya wawasan dalam membimbing karyawan, meningkatkan kualitas tim, meningkatkan kualitas komunikasi, dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Penilaian MBTI terdiri dari 16 kepribadian dengan 8 skala preferensi (kecenderungan) diantaranya extraversion, introversion, sensing, intuition, thinking, feeling, judging, dan perceiving.

Workshop MBTI ini dibawakan oleh Dra. Anita M. Atmadibrata, Psikolog dan Dra. Dwi Septianawati, Psikolog sebagai narasumber. Sesi workshop yang pertama adalah tes penilaian MBTI untuk masing-masing pekerja, kemudian dilanjut oleh pemaparan tentang tiap preferensi oleh para narasumber. Antusiasme para pekerja PTC terlihat dari banyaknya pertanyaan dan diskusi terkait MBTI. Rangkaian workshop dibuat menarik oleh para narasumber dengan berbagai games dengan tipe klasikal kelompok sesuai dengan preferensi (kecenderungan) yang dimiliki oleh masing-masing pekerja. Games ini ditujukan untuk mengenali lebih jauh preferensi pribadi pekerja, dimulai dari pengenalan diri, eksposur diri, hingga presentasi kelompok tentang sebuah branding marketing produk.

Setelah diberikan pemaparan materi, diskusi, sesi tanya jawab dan games oleh narasumber, di sesi terakhir, para peserta dalam workshop MBTI mendapatkan kesimpulan atas hasil preferensi pribadinya masing-masing, kemudian untuk selanjutnya, hasil dari preferensi tersebut diharapkan dapat digunakan sebagai acuan dalam pengembangan diri, mengenali karakter kepribadian orang lain, serta dapat menggunakan komunikasi dengan tepat dalam membina relasi antar tim yang berada di naungan PTC.
[/cm