Presentation Skill Is Easy

11-presentasi-skill

Presentasi adalah cara mengkomunikasikan ide secara langsung kepada pendengar dengan menggunakan media tertentu. Seseorang yang paham teknik presentation skill akan memiliki kepercayaan diri lebih dalam mengkomunikasikan ide-idenya kepada orang lain.

Sebelum membahas presentation skill, berikut ini adalah beberapa hal yang harus disiapkan sehingga mampu menghasilkan presentasi yang tepat dan menarik, yaitu :

  1. Persiapan mental. Kita harus mengetahui tujuan dilakukannya presentasi, siapa pendengarnya dan di mana lokasi presentasi.
  2. Persiapan kemampuan. Kemampuan presentasi merupakan hal yang dominan mendukung kesuksesan presentasi. Kemampuan ini akan makin terasah seiring dengan latihan dan frekuensi kita tampil di publik.
  3. Alat bantu. Siapkan semua alat bantu presentasi yang akan kita gunakan. Tanyakan kepada panitia setempat perihal alat bantu presentasi yang tersedia di lokasi acara.

Karena persiapan kemampuan merupakan hal yang dominan mendukung kesuksesan presentasi kita maka hal tersebut harus disiapkan dengan berlatih presentation skill yang baik. Berikut ini akan kami sampai beberapa tips di dalam teknik presentasi :

  • Pelajari calon pendengar. Cari info kepada siapa kita akan menyampaikan presentasi. Sesuaikan penampilan dan bahan presentasi yang disiapkan.
  • Datang sebelum acara dimulai. Dengan datang lebih awal kita punya kesempatan memastikan alat bantu presentasi berfungsi dan mengetahui layout ruangan serta situasi di dalam ruangan. Hal ini mampu membangun kepercayaan diri.
  • Melihat ke pendengar. Saat kita berbicara, usahakan untuk selalu memandang pendengar. Hal ini untuk memberi pesan kepada pendengar untuk memperhatikan pesan yang kita sampaikan.
  • Suara kita harus terdengar jelas, bahkan bagi pendengar di posisi terjauh. Usahakan tiap ucapan kita jelas dan berintonasi baik. Jika gugup, perlambat nada bicara untuk menenangkan diri.
  • Kelola durasi presentasi sebaik-baiknya. Jika disediakan sesi tanya jawab, atur durasi presentasi kita sehingga tersedia sesi tanya jawab yang cukup.

Demikian beberapa tips presentasi yang bisa kami sampaikan. Yang paling penting adalah presentation skill tersebut dapat kita pelajari dan harus dilatih berulang-ulang sampai kita kuasai.

(Riau Andriana, S.T.)

 Kata kunci : presentation skill, skill communication, teknik presentasi, manajemen waktu