PT PTC Berikan Bantuan Bidang Kesehatan dan Penerangan ke SDN Sawah 01 Tangerang Selatan

TANGSEL- PT Pertamina Training and Consulting (PTC) memberikan bantuan bidang kesehatan dan penerangan sebagai bentuk melaksanakan Coorporate Social Responsibility (CSR) kepada SDN Sawah 01, Ciputat, Tangerang Selatan, Senin (30/7/2018).

Keriangan ratusan siswa SDN Sawah 01 terasa berbeda pagi tadi. Tidak seperti biasa, siswa siswi menyambut hangat kedatangan Direktur Utama PT Pertamina Training and Consulting Umar Fahmi beserta tim CSR ke sekolah tersebut.

Bukan hanya siswa siswi, para guru pun tersenyum lebar seakan telah menghirup udara segar dengan datangnya tim CSR beserta Dirut PT PTC ke sekolah yang berada di Jalan Cendrawasih No. 1 RT 001/001, Kelurahan Sawah Lama, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten.

Selain Dirut PT PTC dan tim CSR, acara ini juga dihadiri oleh Camat Ciputat beserta Lurah-lurah di kawasan Ciputat, Perwakilan UPT Pendidikan, dan perwakilan Dinas Kesehatan dalam hal ini Puskesmas Kampung Sawah.

Direktur Utama PT PTC Umar Fahmi mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk tanggung jawab dari perusahaan kepada masyarakat. PTC memberikan bantuan berupa bidang kesehatan seperti memperbaiki MCK siswa, Unit Kesehatan Sekolah (UKS) beserta alat-alat kesehatan, tempat wudhu, kipas angin di setiap kelas, dan lampu untuk penerangan di halaman sekolah.

“Perbaikan MCK yang tadinya betul-betul tidak layak agar bisa dipakai, sebelahnya ada tempat wudhu yang juga kita perbaiki, UKS beserta alat-alat kesehatannya baik dari kami maupun puskesmas. Kita juga berikan kipas angin setiap kelasnya ada 2, karena walaupun sekolah ini ada pohon rindang tapi memang cuacanya panas, kipas anginnya akan membuat anak-anak tidak kegerahan saat belajar, kalau malam itu di sini gelap sekali sehingga sekolah ini sering dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, oleh karena itu kami juga memberikan lampu untuk penerangan,” ujar Umar kepada Energia saat ditemui di sela acara.

Ia berharap kedepannya ada perhatian khusus yang ditujukan kepada sekolah ini. Kerjasama dengan pemerintah daerah setempat sangat penting dilakukan untuk menjadikan proses belajar mengajar menjadi lebih baik dan nyaman bagi anak-anak.

“Seperti kita ketahui bahwa sekolah ini termasuk sekolah negeri yang fasilitasnya kurang menunjang dari sisi kesehatan dan keamanannya, kami mengharapkan adanya kerjasama dengan pemda setempat untuk bisa melakukan lebih jauh dari apa yg sudah kita berikan ini terutama untuk atap sehingga bisa layak untuk proses belajar mengajar. Karena tadi saya meninjau ada kelas yang sengaja dikosongkan karena atapnya berbahaya jika masih digunakan untuk belajar,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Camat Ciputat Andi Patabai mengapresiasi kegiatan yang dilakukan PTC kepada sekolah. Ia sangat berterima kasih dan berharap semakin banyak CSR yang diberikan dari PTC untuk masyarakat Tangerang Selatan khususnya Ciputat.

“Adanya bantuan dari PTC ini sangat membantu bagi Tangsel terutama SDN Sawah 01. Semoga kegiatan CSR PTC akan lebih banyak lagi di Ciputat. Semoga PTC semakin sukses kedepannya,” harap Andi.

Selain itu Kepala SDN Sawah 01, Tuti Sugiarti menghaturkan banyak terima kasih kepada PTC. Berkat PTC sekolah yang ia pimpin ini berangsur baik dan layak untuk anak-anak. Terutama masalah kesehatan siswa.

“Terimakasih yang amat banyak kepada Dirut PTC, alhamdulillah kami (SDN Sawah 01, red) masih ada yang melihat. Doa kami sudah mulai terkabul. Alhamdulillah kami sangat bersyukur, MCK sudah berjalan 70% tinggal diselesaikan. Lampu sudah dipasang, kipas angin juga tinggal dipasang saja. Semoga PTC semakin berkah dan sukses,” ungkap Tuti.

Pemberian bantuan dilakukan secara simbolis dengan bentuk pengguntingan pita serta pemberian plakat oleh Dirut PTC kepada Kepala SDN Sawah 01. Usai penyerahan secara simbolis, Dirut PTC, Camat Ciputat beserta Lurah ditemani olrh kepala sekolah untuk meninjau MCK dan tempat wudhu yang diperbaiki.

Kemudian siswa siswi diberikan pembekalan serta informasi mengenai penyuluhan kesehatan siswa dan pembinaan dokter kecil yang dilakukan oleh pihak Puskesmas Kampung Sawah yang diwakili oleh dr. Wilda Rina Siregar dokter puskesmas yang menjadi penanggungjawab usaha kesehatan masyarakat.

dr Wilda menyampaikan materi ringan kepada siswa mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) baik di lingkungan sekolah maupun di rumah mulai dari diri sendiri. Apalagi saat ini sudah terbentuk dokter kecil (dokcil) di sekolah tersebut. Dokcil tersebut berfungsi sebagai pemberi informasi serta menjadi pengawas bagi teman-teman di kelas atau sekolah untuk selalu melakukan PHBS.

“Yang menjadi dokcil ini sebenarnya akan menjadi motivator untuk teman-teman yang lain. Mulai belajar dari diri sendiri, tujuannya dokcil ini bisa menjaga kebersihan untuk diri mereka sendiri terlebih dahulu, kemudian mereka akan menularkan PHBS kepada teman-temannya setelah itu terakhir mereka menjadi pengawas bagi teman-teman lain untuk berperilaku hidup bersih dan sehat. Harapan saya semoga mereka bisa menjadi pelopor PHBS di lingkungan kelas, sekolah, dan keluarga mereka sehingga mereka dapat terus menerus menularkan perilaku baik ini,” pungkasnya. DEKA/FT TRISNO