PTC Berikan Pembekalan HSSE & Manajemen Wirausaha 90 Siswa SMK di Karawang

KARAWANG— Keselamatan dan kesehatan lingkungan merupakan aspek yang sangat penting di lingkungan kerja maupun sekolah. Untuk memberi gambaran potensi-potensi yang  menyebabkan kecelakaan baik di lingkungan kerja maupun di lingkungan sekolah. Pertamina Training & Consulting (PTC) memberikan pembekalan HSSE kepada 90  siswa SMK  Jayabeka 1 Karawang, di Swiss-Belhotel Karawang (22/11). Corporate Secretary PTC Sonny Heriawan Mengatakan bahwa Aspek HSSE sangat penting diketahui dari dini yakni tingkat sekolah. Dipilihnya SMK karena SMK merupakan sekolah yang mendidik anak anak untuk siap bekerja. “Dengan memahami HSSE sejak masa SMK tentu setelah mereka lulus dan masuk dunia kerja mereka sudah paham dengan HSSE”, katanya. Hal yang sama disampaikan oleh Supriyanto kelas 11  yang mengikuti seminar.

“Senang sekali karena kami jadi tau  hal yang menyebabkan potensi kecelakaan dan bagaimana mengatasinya. Ini tentu jadi modal bagi kami untuk lebih berhati-hati baik di bengkel tempat kami sekolah maupun di tempat kerja nanti bila sudah lulus”, kata Supri. Seminar pembekalan tersebut merupakan program Corporate Social Responcibility (CSR) dari PTC, dengan narasumber yang ahli di bidang HSSE seperti Erwin Jonathan. “Kemampuan memitigasi potensi kecelakaan baik di tempat kerja dan sekolah sangat perlu dikuasai anak-anak SMK ini. Apalagi mereka dari jurusan teknik yang seringkali berhubungan dengan lingkungan yang memiliki potensi kecelakaan kerja. Seperti di bengkel tempat mereka praktek” kata pria yang menjabat sebagai Kepala Departemen HSSE di Nusantara Regas.

Sementara itu Neta seorang Guru pendamping juga mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh PTC dengan melibatkan anak-anak SMK untuk diberi pembekalan tentang HSSE, karena akan menjadikan anak-anak lebih peduli pada keselamatan di manapun berada. Pada sesi kedua dan akhir seminar “Capacity Building” ini diisi oleh narasumber Muchsin Budiono, Supervisor Bussiness Support dari Pertamina Corporate University yang menyampaikan materi pentingnya motivasi diri dalam bekerja dan Bio Hadikesuma sebagai Mentor dan Konsultan UMKM dari Biohadikesuma Training & Management, memaparkan cara bagaimana menumbuhkan jiwa kewirausahaan sejak dini kepada siswa-siswi SMK Jayabeka 1 Karawang agar dapat bersaing dengan industri saat ini.

Di akhir sesi seminar ditutup dengan simbolis penyerahan plakat dari Kepala Sekolah SMK Jayabeka 1 Karawang, Onni Lutfi Afian Sp.d dan diserahkan kepada perwakilan perusahaan Sonny Heriawan. Sekaligus penyerahan secara simbolis bantuan dari pihak PTC kepada sekolah. Yang berupa kompresor udara, kotak P3K dan tempat sampah daur ulang. “Semoga dengan adanya kegiatan dan bantuan ini, siswa siswi di SMK Jayabeka 1 dapat terus belajar dengan baik. Dan terus mengembangkan potensi dalam diri mereka masing-masing, agar nanti nya setelah lulus mereka dapat bersaing dengan siswa siswi dari sekolah lain di dunia kerja”. Ujar Sonny Heriawan dalam closing statement penutupan acara.