WORKSHOP “KPI AWARENESS” PT TIMAH (PERSERO) TBK

Peningkatan kinerja perusahaan adalah hal yang wajib dilakukan perusahaan untuk tetap bertumbuh dan bersaing di pasar bebas. Mengingat kondisi operasional perusahaan yang sangat dinamis, perusahaan dituntut melakukan pengukuran kinerja secara komprehensif, terintegrasi dan seimbang, sesuai dengan tujuan perusahaan. Penggunaan KPI (Key Performance Indicator) sebagai alat ukur kinerja diharapkan dapat berdampak pada pengelolaan perusahaan untuk merancang keunggulan kinerja perusahaan, mendiagnosa sistem manajemen kinerja secara keseluruhan, mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan organisasi, serta menilai upaya perbaikan kinerja.

Dalam rangka upskilling pengetahuan dan ketrampilan pengelolaan Performance Management System di PT Timah (Persero) Tbk., pada hari Selasa dan Rabu tanggal 11-12 Juli 2017 bertempat di Kantor Pusat PT Timah (Persero) Tbk, Jl. Jendral Sudirman No. 51, Pangkal Pinang, Provinsi Bangka-Belitung, PT Pertamina Training & Consulting menyelenggarakan Workshop “KPI Awareness”. Workshop “KPI Awareness” ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman mengenai pengukuran kinerja dari berbagai macam perspektif, membantu dalam penyusunan strategi implementasi pengukuran kinerja secara terstruktur dan melatih dalam penyusunan atau cascading indicator KPI perusahaan, divisi serta individu.

Workshop “KPI Awareness” difasilitasi oleh Ibu Arini Tathagati, Manajer Performance Evaluation & Program Development PT Pertamina Training & Consulting, dan dihadiri oleh 23 orang pekerja PT Timah (Persero) Tbk yang terdiri dari perwakilan fungsi Strategic Management, fungsi Teknologi Informasi, fungsi SDM, fungsi Pembelajaran dan Pengembangan, serta task force Budaya Kerja. Workshop dibuka oleh Bapak R. Eko Purwantoro selaku Kepala Divisi Pembelajaran dan Pengembangan PT Timah (Persero) Tbk.

Materi workshop terdiri dari pengenalan konsep Performance Management System dan Key Performance Indicator, proses penyusunan KPI dan penyelarasan ke seluruh bagian organisasi, serta strategi implementasi Performance Management System dalam organisasi. Pada hari kedua workshop, peserta melakukan simulasi penyusunan KPI dan simulasi challenge session Kontrak Manajemen. Hasil dari workshop ini diharapkan dapat memperlancar implementasi Performance Management System di PT Timah (Persero) Tbk, sekaligus sebagai salah satu momentum sinergi antar BUMN.

(by PEPD PTC)