WORKSHOP “PENYUSUNAN RISK REGISTER ON-GOING BUSINESS DIVISI TAHUN 2019” PT PERTAMINA TRAINING & CONSULTING JAKARTA, 18 SEPTEMBER 2018

Perusahaan melaksanakan manajemen risiko untuk mengelola risiko-risiko yang dihadapi, dalam rangka memastikan pencapaian tujuan strategis perusahaan, terutama untuk meraih laba bersih yang telah ditetapkan sebelumnya. Salah satu aktivitas dari manajemen risiko adalah risk assessment, dengan proses yang terdiri dari identifikasi risiko, analisa risiko, dan evaluasi risiko. Hasil dari risk assessment adalah risk register, berupa daftar kejadian risiko yang mungkin dihadapi perusahaan, penyebab terjadinya risiko, dampak dan kemungkinan terjadinya risiko, serta cara mengatasi dan mengendalikan risiko tersebut. Risk register ini kemudian dijadikan dasar penyusunan program manajemen risiko, termasuk sebagai referensi dalam menyusun rencana audit berbasis risiko.

Dalam rangka penyusunan Risk Register Divisi 2019, sekaligus upskilling pengetahuan dan ketrampilan pengelolaan risiko korporasi di PT Pertamina Training & Consulting (PTC), pada hari Selasa tanggal 18 September 2018, bertempat di Pelita Air Training Center, Jl. Abdul Muis 52-56A Gedung A lt. 5, Jakarta Pusat, PTC menyelenggarakan Workshop “Penyusunan Risk Register On Going Business Divisi Tahun 2019”. Workshop dibuka oleh Direktur Utama PTC Bapak Umar Fahmi, dan difasilitasi oleh tim dari fungsi Performance Evaluation & Program Development PTC. Materi workshop terdiri dari evaluasi pengelolaan risiko PTC selama tahun 2018, refreshing langkah-langkah identifikasi risiko menggunakan metode Fault Tree Analysis, serta sosialisasi panduan penyusunan Risk Register On-Going Business Divisi tahun 2019. Peserta workshop berjumlah 18 orang, yang merupakan anggota Champion Team Strategi-Kinerja-Risiko PT Pertamina Training & Consulting tahun 2018 </ p> .