Health, Safety, Environment




KEBIJAKAN K3LL (KESELAMATAN, KESEHATAN KERJA & LINDUNGAN LINGKUNGAN)
SERTA PENGAMANAN PERUSAHAAN


PT Pertamina Training & Consulting (PTC) berkomitmen melaksanakan kegiatan operasi secara aman, nyaman dan berwawasan lingkungan dengan menerapkan standart tinggi terhadap aspek HSE Perusahaan untuk meminimalkan resiko dengan cara mencegah terjadinya kecelakaan, kebakaran, penyakit akibat kerja, pencemaran lingkungan, dan gangguan keamanan serta dampak lain akibat kegagalan operasi terhadap lingkungan di sekitar kegiatan Pertamina.


Untuk memenuhi hal tersebut, Dewan Direksi dan seluruh pekerja berkomitmen pada :

 Mengutamakan aspek HSE Perusahaan dalam pengelolaan bisnis perusahaan
 Mematuhi peraturan perundangan HSE serta menggunakan teknologi tepat guna sesuai standart nasional dan internasional.
 mengurangi resiko serendah mungkin untuk mencegah terjadinya insiden pada personil, aset, informasi dan lingkungan.
 Melakukan intervensi terhadap kondisi maupun tindakan yang dinilai tidak aman
 Menerapkan sistem manajemen HSE yang mengacu pada persyaratan SUPREME, ISO 9001, dan memastikan pemahaman & implementasi Corporate Life Saving Rules (CLSR) pada pekerja dan mitra kerja
 Meningkatkan kesadaran dan kompetensi pekerjaan serta mitra kerja agar dapat melaksanakan pekerjaan secara benar, aman dan berwawasan lingkungan, serta melakukan perbaikan yang berkelanjut.
 Melaporkan seluruh insiden secara transparan dan melakukan investigasi untuk mencegah terjadinya insiden serupa.
 Menjadikan kinerja HSE personil, aset, data dan informasi Perusahaan dalam penilaian dan penghargaan terhadap seluruh pekerja.


BOD, Manajemen beserta seluruh pekerja dan mitra kerja PT Pertamina Training & Consulting serta mitra usaha/ penyedia barang & jasa bertanggung jawab dalam menjamin implementas kebijakan ini dan melakukan upaya perbakan secara berkelanjutan serta pola pikir berdasarkan HSE Golden Rules Pertamina : Patuh, Intervensi, Peduli, dan implementasi Tata Nilai AKHLAK dan GCG.
Setiap pekerja dan mitra kerja yang berada di bawah pengendalian PT Pertamina Training & Consulting (PTC) bertanggung jawab melaksanakan dan mentaati kebijakan ini.


LARANGAN


PEMAKAIAN NARKOBA, MINUMAN KERAS DAN MEROKOK


PT Pertamina Training & Consulting (PTC) dalam Operasional berkomitmen untuk membuat dan menjalankan peraturan perundang- undangan tentang :
1. Pemakaian Obat-obatan terlarang (narkoba), minuman keras dan merokok di tempat kerja guna menjaga aspek K3LL serta pengamanan Perusahaan.
2. Penggunaan Obat - obatan terlarang yang tidak terkendali atau mengkonsumsi minuman beralkohol dan zat-zat yang tidak sesuai pemanfaatannya serta merokok tidak pada tempatnya (Smoking Area) yang dapat mengakibatkan bahaya serius terhadap asset Perusahaan.
3. Larangan penggunaan, pemilikan, pendistrubusian, pengakutan dan penjualan narkotika, obat - obatan terlarang dan zat - zat tidak terkendali.
4. Larangan lain yang mencakup penggunaan narkoba dan minuman keras di dalam dan diluar tempat - tempat kerja serta faslitas perusahaan atau fasilitas yang disewa.


KEBIJAKAN MUTU


PT Pertamina Training & Consulting:

01. Melakukan upaya untuk tetap mengacu pada standar international
02. Memberi jaminan jasa yang berkualitas tinggi sesuai kebutuhan pelanggan
03. Meningkatkan kualiatas dan kompetensi internal perusahaan
04. Memberikan nilai tambah tangible dan intangible kepada stakeholders
05. Membina hubungan baik dengan stakeholders berdasarkan prinsip-prinsip GCG
06. Memperhatikan aspek keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan perusahaan
07. Mematuhi peraturan dan perundangan yang berlaku, terkait aktivitas


Unduh Kebijakan K3LL Part-1 Unduh Kebijakan K3LL Part-2